Selasa, 14 Februari 2012

Berita Buku





















TELAH TERBIT NOVEL TERBARU S. JAI

Judul : Khutbah di Bawah Lembah

Pengarang : S. JAI
Penerbit : Najah, Divapress Jogjakarta
Cetakan : Pertama, Pebruari 2012
Halaman : 308
Ukuran : 14 x 20 cm
ISBN : 978-602-191-215-7
Harga : Rp 38.000

“…Saya telah menangkap spirit Roro Mendut ini juga berlangsung di sini. Bahwa Roro Mendut ini perempuan hebat, meskipun dia dicap sebagai budak.”


Ini dia sebuah novel menggetarkan tentang pentingnya memiliki martabat dan harga diri!



Dua orang lelaki, Abdul Basith Hikam (aktivis LSM) dan Fajar Abdillah (jurnalis) bukanlah sepasang sahabat. Namun, sepenggal peristiwa menyeret keduanya bertemu dalam perjumpaan batin yang misterius.

Keduanya terpaut pada simpul spirit hidup Nyonya Mendut—bukan nama sebenarnya (nama aslinya Lailatus Sa’diyah)—seorang perempuan buruh linting sebuah pabrik rokok yang berusaha menuntut kesejahteraan keluarganya dari nasib yang tak pernah kunjung membaik.

Tentu saja peristiwa itu mengusik pejabat pemerintah setempat yang dalam hal ini justru bukan memihaknya. Melainkan memihak pengusaha rokok tempat Nyonya Mendut bekerja.

Man Sapar, suami Nyonya Mendut, sudah mencium gelagat buruk persekongkolan pemerintah dan pengusaha rokok tersebut, namun ia keburu menemui ajal saat sebelum perlawanannya disebarkan kepada penduduk kampung.

Lantas, bagaimanakah akhir dari sepak terjang Nyonya Mendut tersebut? Akankah ia juga mendapatkan kisah tragis yang sama sebagaimana suaminya? Atau, berhasilkah perempuan itu dalam melakukan aksi menyejahterakan keluarganya?

Simak kisah memikat tentang perjuangan hidup tokoh-tokoh heroik dari Nyonya Mendut dan orang-orang di sekitarnya, termasuk peran Abdul Basith Hikam dan Fajar Abdillah!